A. Strengths
( Kekuatan )
Kekuatan
yang ada dalam PT Sucofindo adalah sebagai berikut :
1. Jaringan
distribusi yang luas
Jaringan distribusi ini berpengaruh atas
penguasaan konsumen, dengan adanya jaringan distribusi yang laus maka hasil
produksi akan tersebar dibanyak daerah, konsumen mudah mngenal dan mendapatkan
hasil produksi dari perusahaan, dengan jaringan yang luas ini hasil produksi
dapat lebih laku dipasaran, dikarenakan konsumen yanag dicakup lebih luas.
2. Pengalaman
selama puluhan tahun
Dengan adanya pengalaman yang lama maka
sebuah perusahaan akan lebih kuat untuk bertahan, dengan pengalaman ini
perusahaan terus belajar dan memperbaharui diri, mengembangkan kekuatan untuk
menutupi kelemahan-kelemahan yang ada. Seperti pepatah “experience is the best teacher” dengan belajar atas pengalaman yang
sudah ada maka akan dapat bertindak lebih baik lagi dibanding dengan
periode-periode sebelumnya, oleh karena itu segala masalah yang timbul akan
mudah diselesaikan dengan belajar dari pengalaman-pengalaman yang telah lalu.
3. Brand Name yang terkenal
Seperti salah satu strategi yang ada yaitu
“strategi kuasai dulu” dengan adanya Brand
yang sudah melekat pada konsumen
akan lebih dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk dari perusahaan
kita. Dengan memonopili pasar dengan Brand
yang dimiliki perusahaan mampu mengalahkan
Brand-brand baru yang muncul
akibat masyarakat lebih mengenal Brand
perusahaan kita aterlebih dahulu.
4. Fasilitas
yang lengkap
Fasilitas berhubungan dengan proses
produksi dan pelayanan, dengan penggunaan fasilitas yang baik atau lengkap maka
kepuasan konsumen akan tercapai.
5. Kualitas
jasa yang baik
Jasa yang berkualitas merupakan senjata
ampuh untuk menarik minat konsumen, tujuan awal sebuah usaha selain untuk
mendapatkan keuntungan yanitu membuat para customer
merasa puas dengan produk atau layanan yang diberikan perusahaan. Melalui jasa
yang baik ini akan menarik minat para customer
untuk kembali lagi menggunakan jasa
mereka karena mereka tau bagaimana kualitas pelayanan perusahaan, dengan begitu
kiprah perusahaan akan tetap bisa bertahan.
6. Well-trained personnel
Kebaikan dalam pemberian pelayanan tidak
serta merta muncul begitu saja, akan tetapi didukung dengan adanya Sumber Daya
Manusia yang kompeten, dengan dimiliki pegawai-pegawai yang baik dan kompeten
ini membuat para customer merasa
nyaman dalam proses pemberian pelayanan, berbeda dengan pegawai-pegawai yang
cenderung arogant dan emosional,sikap-sikap yang demikian justru akan membuat
para customer tidak betah dan memilih
beralih ke perusahaan lain, mengingat para pegawai merupakan roda penggerak dan
cerminan dari perusahaan.
7. Lini
jasa yang luas
Banyaknya jasa yang ditawarkan kepada
konsumen membuat perusahaan ini lebih menguasai pasar yang ada, melalui
berbagai jasa yang ada maka perusahaan akan lebih mudah dikenal oleh
masyarakat, selain itu jika ada masyarakat yang membutuhkan banyak jasa layanan
dia tidak perlu berpindah-pindah ke tempat lain untuk mendapatkannya, cukup
disatu tempat semua masalah sudah dapat teratasi, hal ini akan menjadi senjata
kuat perusahaan utuk dapat lebih mengusai pasar.
8. Penggunaan
teknologi yang up-to date
Penggunaan teknologi berkaitan dengan
penggunaan layanan dan akses kedalam perusahaan, dengan tekhnologi yang lebih
canggih dibanding perusahaan lain maka jasa pelayanan akan dapat terselesaikan
dengan lebih mudah. Dengan kemajuan tekknologi ini pula perusahaan dapat
melakukan promosi yang lebih luas mengingat penggunaan teknologi internet dapat
diakses siapa saja dan dimana saja.
B. Weaknesses
( Kelemahan )
Kelemahan yang ada pada PT Sucofindo adalah sebagai berikut :
1. Biaya
operasional yang cukup tinggi
Dengan
adanya keunggulan yang ada di dalam PT. Succofindo juga menyebabkan erjadinya
suatu kelemahan yang mengakibatkan biaya operasional yang dikeluarkan menjadi
banyak dan tidak bisa menghasilakan keuntungan, melainkan mengakibatkan adanya
kerugian.
2. Tarif
jasa yang cukup tinggi
Apa
yang diperoleh oleh suatu rekanan bisnis yang bekerjasama dengan PT. Succofindo
memang sepadan dengan hasil yang diterima tetapi tidak serta merta membuat
perusahaan itu senang. Karena apa yang dihasilkan harus dibayar dengan jasa
tarif yang mahal kepada PT. Succofindo.
3. Pelayanan
yang belum optimal
Pelayanan
yang diberikan PT. Succofindo juga masih menyisakan adanya suatu kekurangan di
dalam melakukan pelayanan yang baik yang menyebabkan apa yang diterima oleh
rekanan kerja menjadi kurang optimal.
4. Kurang
tanggap terhadap keluhan
Kelemahan
yang terjadi di PT. Succofindo juga masih menyisakan suatu permasalahan yang
diperoleh perusahaan lain yang memakai jasa PT. Succofindo untuk bekerjasama
karena kurang tanggapnya PT. Succofindo dalam menanggapi keluhan rekan
bisnisnya yang masih membutuhkan jasa untuk memperbaiki ISO yang ingin dicapai
dalam perusahaan tersebut.
5. Marketing
yang kurang kuat
Kami
melihat di dalam PT. Succofindo masih mempunyai marketing yang belum kuat
dikarena masih kurangnya marketing di dalam PT. Succofindo untuk berpikir lebih
maju dan mengembangkan suatu ide-ide yang bisa membuat perusahaan tidak kalah
oleh perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama.
C. Opportunities ( Peluang )
Peluang
yang ada pada pada PT Sucofindo adalah sebagai berikut :
1.
Kerjasama dengan surveyor luar negeri
Peluang
yang diperoleh oleh PT. Succofindo yang paling besar agar lebih maju yaitu
menjalin kerjasama dengan perusahaan luar negeri sebagai wujud untuk
mengembangkan perusahaan supaya lebih dikenal baik di Indonesia maupun diluar
negeri sekalipun.
2. Adanya
standarisasi yang diinginkan pasar dunia
Dengan
melakukan kerjasama dengan perusahaan luar negeri membuat PT. Succofindo juga
harus menata standar yang diinginkan oleh pasar luar ngeri supaya PT.
Succofindo dapat dilihat oleh perusahaan lain, bahwa standar yang digunakan
juga mempunyai mutu yang tidak kalah.
3. Perdagangan
bebas
PT.
Succofindo juga seharusnya melirik perdagangan bebas yang sudah dilakukan di
Indonesia sejak tahun 2010 sebagai sarana untuk menjalin kerjsama dengan
perusahaan asing dan menarik minat perusahaan luar negeri dengan keunggulan-keunggulan
yang terdapat di PT. Succofindo tersebut.
4. Potensi
pertumbuhan UKM
Dengan
adanya UKM yang semakin banyak berkembang di Indonesia, seharusnya juga membuat
PT. Succofindo melihat peluang yang ada didalamnya agar bisa menjalin kerjasama
dengan UKM yang sudah berkembang untuk bekerjasama menggunakan jasa PT.
Succofindo yang telah mempunyai standar yang baik.
5. Kebijakan
pemerintah yang terkait dengan jasa surveyor
PT.
Succofindo seharusnya juga memanfaatkan pemerintah untuk menetapkan jasa untuk
perusahaan yang ingin menggunakan jasa penggunaan ISO agar lebih di utamakan
perusahaan BUMN yang menanganinya.
D. Treaths
(Ancaman)
Ancaman yang ada pada PT Sucofindo adalah sebagai berikut :
1. Tarif
yang lebih rendah dari kompetitor yang kurang terdeteksi
Kompetitor
yang tidak terdeteksi keberadaannya oleh PT. Succofindo dapat menjadikan
bumerang tersendiri dikarena adanya persaingan yang tidak sehat yang menjadikan
PT. Succofindo tidak bisa mengukur tarif yang di dapat kompetitor jauh lebih
rendah dari pada PT. Succofindo dan menjadi kompetitor lebih diunggulkan dalam
segi Tarif jasa yang dikeluarkan. PT. Succofindo juga harus melihat pasaran
harga yang dikeuarkan pesaingnya.
2. Pertumbuhan
kompetitor baru
Dengan
lahirnya kompetitor-kompetitor baru menyebabkan semakin banyaknya pesaing
perusahaan sehingga perlu melakukan strategi khusus jika tidak ingin kalah oleh
kompetitor tersebut.
3. Kondisi
keamanan yang kurang kondusif
Dengan
kondisi keamanan yang kurang kondusif menyebabkan ancaman tersendiri bagi
perusahaan. Sebab dalam suatu perusahaan jika tidak ada perlindungan keamanan
bagi orang yang bekerja di dalamnya,
maka pekerjaan yang dijalankan tidak bisa maksimal karena senantiasa dihantui
rasa takut. Sehingga kondisi yang menunjukkan perlindungan keamanan dan
keselamatan sangat diperlukan dalam suatu perusahaan.
4. Kuota
impor yang dibatasi
Dengan
kuota impor yang dibatasi menyebabkan peluang pekerjaan perusahaan akan
berkurang, karena semakin dibatasi impornnya maka jasa pelayanan semakin
berkurang sehingga merupakan ancaman bagi perusahaan.
assalamualaikum
BalasHapusmaaf sebelumnya saya mau tanya apa blog mbak sucu muhaiminah masih aktif?
Terima kasih atas analisa SWOT nya
BalasHapus